Sejarah labuan, pandeglang
Kacamatan
Labuan
Labuan
adalah daerah di pesisir laut di selat sunda merupakan daerah yang strategis
didaerah pesisir. Bukti dari daerah itu strategis biasa di lihat dari
peninggalan atau merupakan situs sejarah sisa perang dunia ke dua yaitu adanya
dua bangunan benteng pertahanan sisa perang zaman Jepang. dimana tempat sejarah
itu didaerah Kalurahan Desa Teluk, dengan di daerah kelurahan Desa Cigondang.
adanya dua tempat sejarah itu jelas merupakan bukti Jepang memilih daerah
Labuan sebagai tempat yang pas untuk diduduki, sebab banyak daerah lain yang
sama adanya dipinggir laut. tapi Labuan yang pas di pakai penjajah.bahkan
banyak sisa zaman dahulu di daerah labuan. yaitu: benteng jembatan dua, benteng
loterdam, dan kereta api.
Selat Sunda
Pada
permulaan sejarah Jawa tercatat bahwa pada tahun 416 S.M. Selat Sunda terbentuk
selama periode puncak kegiatan vulkanis yang membentuk lorong laut di antara
dua pulau yang saat ini dikenal sebagai Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Selat
ini dahulu tidak dikenali oleh para pelaut Eropa sampai pada tahun 1595,
setelah itu menjadi salah satu jalur perdagangan terbesar antara barat dan
timur.
Mercusuar di Tajung Layar
Bangunan
mercusuar di Tanjung Layar mewakili suatu periode yang sangat penting dalam
sejarah maritim Indonesia dan sejarah kolonial. Dahulu mercusuar di lokasi ini
dijadikan "Ujung Pertama" karena geografinya yang strategis, sebagai
petunjuk arah bagi kapal-kapal yang melintasi Selat Sunda.
Sebuah Dermaga di Cibom
Pada
tahun 1808 Gubernur Jenderal Hindia Belanda merencanakan membangun sebuah
pelabuhan laut di daerah Cibom.
Sultan Banten dengan berat hati menyediakan para pekerja tetapi karena para pekerja banyak yang sakit dan menderita bahkan diantaranya banyak yang meninggal dan yang tersisa pun menjad i lemah disebabkan "uap beracun yang berasal dari lahan kerja baru". Kemudian mereka melarikan diri dari daerah tersebut. Pelabuhan ini tidak pernah terselesaikan.
Pada masa itu pula Tanjung Layar menjadi lokasi tempat penjara dari para bajak laut yang membantu Sultan, dan mercusuar pertama dibangun .
Sultan Banten dengan berat hati menyediakan para pekerja tetapi karena para pekerja banyak yang sakit dan menderita bahkan diantaranya banyak yang meninggal dan yang tersisa pun menjad i lemah disebabkan "uap beracun yang berasal dari lahan kerja baru". Kemudian mereka melarikan diri dari daerah tersebut. Pelabuhan ini tidak pernah terselesaikan.
Pada masa itu pula Tanjung Layar menjadi lokasi tempat penjara dari para bajak laut yang membantu Sultan, dan mercusuar pertama dibangun .
Daerah Cibom - Tanjung Layar
Sisa-sisa dermaga Cibom masih dapat
dilihat dengan adanya formasi batu bata dan tiang besi pancang.
Disepanjang jalan menuju Tanjung
Layar (dari Cibom) terdapat pal-pal batu petunjuk jarak, sumur-sumur air,
kuburan-kuburan dan sisa bangunan pasangan batu bata.
Terdapat juga sebuah tangga batu
bata menuju ke lokasi mercusuar yang pertama dengan tinggi 40 meter, menjorok
ke arah laut.
Mercusuar Pertama
bahwa mercusuar pertama dibangun, pada awal
tahun 1800. Sebagian fisik bangunannya terbuat dari batu asli. Pada tahun 1880,
bagian atas mengalami kerusakan yang parah akibat gempa bumi. Mercusuar runtuh
sesudah letusan Gunung Krakatau tahun 1883,dan bagian dasarnya yang bundar
sekarang menjadi tempat tangki air besar. Sisa-sisa tangga batu yang melingkar
dapat dilihat di kompleks bawah.
Mercusuar Kedua
Mercusuar kedua ini di bangun dari
kontruksi baja dan dilengkapi sebuah lampu gas dengan ketinggian 25 meter.
Mercusuar Ketiga
Mercusuar yang ada sekarang dibangun
pada tahun 1972.Terletak 500 meter sebelah timur Tanjung Layar (dari mercusuar
yang lama) dengan tinggi 40 meter (atau 65 meter di atas pemukaan laut)
lampunya dapat dilihat dari jarak 25 mil laut. Di seberang Selat Sunda di
Pantai Sumatera, terdapat juga sebuah mercusuar yakni mercusuar Blimbing
(Vlakke Hocke) yang berjarak 110 km jauhnya.
Sebuah kelompok terdiri dari 5 orang
petugas menjaga mercusuar ini, dengan jadwal kerja 4 bulan untuk satu periode.
Walaupun sebuah kebun di buat di lokasi, namun semua bahan makanan pokok dan
keperluan lainnya dikirimkan melalui kapal laut. Mercusuar ini dioperasikan
oleh Departemen Perhubungan.
Silahkan memintakan izin dari petugas mercusuar sebelum memasuki daerah mercusuar.
Silahkan memintakan izin dari petugas mercusuar sebelum memasuki daerah mercusuar.
Gelombang Pasang Tahun 1883
Pecahnya Pulau Jawa
Dari
Sejarah awal Ujung Kulon, tulisan Orang Jawa
"Pada tahun 416 S.M. Gunung Kapi (Krakatau) dengan suatu gemuruh yang dahsyat meledak berkeping-keping dan tenggelam ke dasar bumi. Air laut naik dan menggenangi daratan, setelah air surut gunubng dan daerah sekitarnya menjadi laut dan Pulau Jawa terbagi menjadi dua bagian". (Buku Raja-Raja)
"Pada tahun 416 S.M. Gunung Kapi (Krakatau) dengan suatu gemuruh yang dahsyat meledak berkeping-keping dan tenggelam ke dasar bumi. Air laut naik dan menggenangi daratan, setelah air surut gunubng dan daerah sekitarnya menjadi laut dan Pulau Jawa terbagi menjadi dua bagian". (Buku Raja-Raja)
Terjadinya Letusan Gunung Krakatau
Pada tanggal 27 Agustus 1883,
setelah abad yang relatif tenang, gunung berapi Krakatau meletus dengan
dahsyat.
Penjaga mercusuar Tanjung Layar
mencatat kejadian ini dalam buku hariannya:
Senin, 27 Agustus
Jam 06.00 pagi, suasana belum
terang, lampu mercusuar masih menyala.
Jam 09.00 pagi, cuaca menjadi buruk dan sangat gelap.
Jam 11.00 pagi (kemungkinan lebih awal), letusan dahsyat terdengat, pintu-pintu serta jendela-jendela terbuka dan petir menyambar bangunan-bangunan.
Jam 11.10 pagi, petir menyambar tiang penangkal petir dan rusak, setelah itu petir menyambar pintu masuk mercusuar, melukai 4 dari 10 narapidana.
Jam 09.00 pagi, cuaca menjadi buruk dan sangat gelap.
Jam 11.00 pagi (kemungkinan lebih awal), letusan dahsyat terdengat, pintu-pintu serta jendela-jendela terbuka dan petir menyambar bangunan-bangunan.
Jam 11.10 pagi, petir menyambar tiang penangkal petir dan rusak, setelah itu petir menyambar pintu masuk mercusuar, melukai 4 dari 10 narapidana.
Selasa, 28 Agustus
Suasana terang pada jam 06.00 pagi dan
untuk pertama kalinya diketahui bahwa daerah pantai rusak. Gelombang besar
belum diketahui karena gelap didalam mercusuar.
Tanjung Layar, terlindung dari
akibat gelombang besar yang tingginya antara 7 sampai 10 meter. Dari tiga dusun
kecil di dekat garis pantai, 120 orang telah diselamatkan, disaat mereka
mengungsi ke mercusuar, tetapi 14orang meninggal dunia.
Gelombang Pasang
Gelombang pasang yang menghantam
garis pantai Selat Sunda, bukanlah suatu gelombang tunggal tetapi suatu seri
gelombang yang susul menyusul selama beberapa jam.
Gelombang pasang terbesar, dimana bersamaan dengan letusan gunung Krakatau mencapai intensitas maximum pada jam 10.00 pagi, tanggal 27 Agustus 1883.
Gelombang pasang terbesar, dimana bersamaan dengan letusan gunung Krakatau mencapai intensitas maximum pada jam 10.00 pagi, tanggal 27 Agustus 1883.
Diperkirakan bahwa pada awal
kejadian, air laut naik kira-kira setinggi 30-40 meter dengan waktu tempuh
kira-kira 35 menit untuk mencapai Tanjung Layar, dan pergerakan tersebut
mencapai kecepatan 600 km/jam melintas ke Lautan Hindia.
Akibat Gelombang Pasang
Lebih
dari 36.000 orang binasa akibat letusan tersebut, sebagian besar diakibatkan
oleh gelombang pasang yang menerjang sampai sekitar 10 km ke daratan. Kapal uap
"Berouw" terdampar ke daratan sejauh 2,5 km.
Pengaruh terhadap Dunia
Akibat dari letusan Gunung Krakatau
telah dicatat di seluruh dunia:
Suara
letusan terdengar disepertigabelas permukaan bumi dari yang paling jauh di
barat pada Kepulauan Mauritius (4.800 km) ke Australia Selatan (3.200 km).
Selama dua hari debu letusan jatuh di pantai Afrika Utara.
Gelombang pasang menerjang sepanjang 8.700 km, mencapai Port Elizabeth di Afrika Selatan.
Fluktuasi pasang tercatat di dalam Terusan Inggris sejauh 17.800 km.
Kenaian tekanan atmosfer tercatat pada barometer sebesar 7 kali di seluruh dunia.
Debu di dalam atmosfer membuat kegelapan yang luar biasa di seluruh dunia.
Sejumlah besar batu terapung-apung di atas permukaan laut, dan masih terus ditemui pada tahun 1885.
Letusan Krakatau pada tahun 1883, walaupun lebih kecil dari letusan-letusan sebelumnya, menunjukan kejadian yang paling mencekam sepanjang sejarah.
Selama dua hari debu letusan jatuh di pantai Afrika Utara.
Gelombang pasang menerjang sepanjang 8.700 km, mencapai Port Elizabeth di Afrika Selatan.
Fluktuasi pasang tercatat di dalam Terusan Inggris sejauh 17.800 km.
Kenaian tekanan atmosfer tercatat pada barometer sebesar 7 kali di seluruh dunia.
Debu di dalam atmosfer membuat kegelapan yang luar biasa di seluruh dunia.
Sejumlah besar batu terapung-apung di atas permukaan laut, dan masih terus ditemui pada tahun 1885.
Letusan Krakatau pada tahun 1883, walaupun lebih kecil dari letusan-letusan sebelumnya, menunjukan kejadian yang paling mencekam sepanjang sejarah.
Pengaruh di Ujung Kulon
Catatan harian Kapal "Bay of
Naples" melaporkan:
"... pada jarak 120 mil dari Ujung Pertama Pulau Jawa (Tanjung Layar) selama gangguan letusan ... ditemukan bangkai-bangkai binatang termasuk bangkai-bangkai harimau ... di samping batang-batang kayu besar".
"... pada jarak 120 mil dari Ujung Pertama Pulau Jawa (Tanjung Layar) selama gangguan letusan ... ditemukan bangkai-bangkai binatang termasuk bangkai-bangkai harimau ... di samping batang-batang kayu besar".
Sebagian besar hutan pantai dan
rawa-rawa mangrove hancur. Walaupun demikian pertumbuhan kembali hutan Ujung
Kulon sangat cepat dan menjadikan hutan yang lebat dan merupakan habitat yang
ideal bagi badak bercula satu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar