Selasa, 15 Desember 2015

5 Tempat Bersejarah yang Bisa Dikunjungi di Banten

,

5 Tempat Bersejarah yang Bisa Dikunjungi di Banten
Banten merupakan sebuah provinsi di Pulau Jawa yang dulunya tergabung dengan Provinsi Jawa Barat. Sebagai salah satu daerah besar di Indonesia, Banten ternyata kaya akan nilai sejarahnya. Pada masa penjajahan negara asing, Banten pernah menjadi pusat perdagangan yang menyediakan rempah-rempah. Kamu ingin kenal lebih dekat dengan sejarah provinsi ini? Berikut adalah lima tempat bersejarah yang bisa dikunjungi di Banten, seperti dikutip dari Jakarta Post Travel:

1. Museum Situs Kepurbakalaan

Terletak di Desa Kasemen, Serang, Museum Situs Kepurbakalaan menjadi rumah bagi banyak artefak dari Banten di masa lampau. Museum yang didirikan pada 1985 ini, dibagi menjadi galeri indoor dan outdoor. Di bagian dalam gedung, kamu dapat melihat berbagai tembikar dan gerabah yang dibuat oleh para seniman lokal di abad ke-16. Di samping itu, kamu juga dapat mempelajari lebih lanjut tentang sejarah Banten tua dan beberapa tempat menarik untuk dikunjungi, yang dilengkapi dengan model situs. Lalu, di bagian luar gedung, kamu dapat menemukan meriam yang disita selama perang serta batu nisan dari masyarakat Tionghoa dan Eropa yang pernah tinggal di Banten.

2. Keraton Surosowan

Selain museum, Banten juga memiliki keraton yakni Surosowan. Dibangun pada 1552 silam, sebagian besar Keraton Surosowan telah hancur pada 1680. Meskipun hanya beberapa bagian dari keraton yang dapat dilihat, dinding terbuat dari karang di sekitarnya telah dipulihkan. Di situs yang memiliki luas sebesar 4 hektare ini, kamu dapat melihat bekas kolam renang yang pernah digunakan oleh para ratu dan putri untuk bersantai di siang hari.

3. Benteng Speelwijk

Benteng Speelwijk telah berdiri sejak tahun 1685 dan dibangun pada masa kolonial Belanda di dekat Selat Sunda, agar dapat menjadi pos bagi penyusup yang datang dari laut. Dalam benteng ini, terdapat sejumlah ruang penyimpanan dan gudang. Beberapa ruang juga diyakini pernah digunakan sebagai penjara bagi para tahanan selama Perang Dunia II berlangsung. Walaupun beberapa pos yang terletak di sudut-sudut tempat ini telah mengalami kerusakan, kamu masih dapat melihat dengan jelas garis pantai jika menatap ke arah utara.

4. Vihara Avalokitesvar

Vihara Avalokitesvara berjarak sekitar satu menit dengan berjalan kaki dari Benteng Speelwijk. Diyakini sebagai salah satu kuil tertua di Banten, Vihara Avalokitesvara juga dikenal sebagai “Tri Dharma”, yang berarti mempraktikkan ajaran Buddhisme, Taoisme, dan Konfusianisme. Sampai saat ini, Vihara Avalokitesvara terbuka bagi siapapun yang ingin berdoa atau sekadar berkunjung. Dalam tempat ini, banyak terdapat ukiran yang menampilkan kebesaran daerah Banten di masa lalu.



5. Keraton Kaibon

Di samping Surosowan, Banten juga memiliki Keraton Kaibon. Para sejarawan percaya bahwa keraton ini hancur pada saat yang sama dengan Surosowan. Keunikan Keraton Kaibon terletak pada sisa-sisa kanal di bagian depan dan belakang bangunannya. Kanal ini diyakini sebagai satu-satunya jalan masuk dengan perahu. Meskipun Keraton Kaibon berukuran lebih kecil dari Surosowan, beberapa bagian dari bangunannya termasuk kamar-kamar dan pilar-pilar masih dalam kondisi yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar